LOMBA BANK SAMPAH KATEGORI PEMBINA DI BS WINONGO 05 KEL. PRINGGOKUSUMAN

Salah satu tujuan menggiatkan Bank Sampah (BS) di wilayah adalah sebagai upaya untuk pengurangan sampah dari salah satu sumbernya yaitu rumah tangga, sehingga mengurangi jumlah sampah yang dibuang ke TPA.

Sebagai sarana monev dan memberikan motivasi BS di wilayah, DLH Kota Yogyakarta dan Forum BS Kota Yogyakarta menyelenggarakan Lomba Bank Sampah. Pada hari Senin 14 November 2022, Bank Sampah Winongo 05 RW 01 Jlagran menerima kunjungan lapangan Lomba Bank Sampah Kategori Pembina Tingkat Kota Yogyakarta. Kunjungan lapangan ini sebagai tindak lanjut dan verifikasi lapangan berdasarkan Profil BS Winongo 05 yang telah dikirimkan ke DLH Kota Yogyakarta dan dinyatakan lolos administrasi. Penerimaan Tim Juri Lomba Bank Sampah Kategori Pembina Tingkat Kota Yogyakarta di Bank Winongo 05 RW 01 Jlagran diterima di Balai RW 01.

Gambaran umum tentang BS Winongo 05, adalah salah satu BS yanga ada wilayah Kelurahan Pringgokusuman yang terletak di RT 05 RW 01 Jlagran dengan diketuai oleh Ibu Sri Purwaningsih, BS ini mulai didirikan pada 7 September 2019, dengan jumlah nasabah 36 KK. Kegiatan di BS Winongo 05 tidak jauh berbeda dengan di BS lainnya yaitu ada penimbangan dan penjualan sampah an organik kepada pelapak lalu hasilnya ditabung, adanya kegiatan pengelolaan sampah organik dengan ember tumpuk, pembuatan ecoenzym, pembuatan komposter, serta juga dilakukan pengelolaan sampah an organik dengan membuatan barang kerajinan dari sedotan, pembuatan ecobrick, dll.

Inovasi yang dilakukan oleh BS Winongo 05 adalah :

  • hasil penjualan minyak jlantah dipakai untuk pembelian token listrik Balai RT
  • hasil pengolahan minyak jlantah menjadi sabun
  • hasil pengolahan kompos dipakai untuk media ternak cacing
  • mendirikan galeri bank sampah yang akan menampung hasil karya pengolahan atau daur ulang baik sampah organik maupun an organik

Kategori BS Pembina salah satu unsur penilaiannya adalah adanya BS binaan oleh BS yg dimaksud, dan dalam hal ini BS Winongo 05 telah melakukan pembinaan di BS Sukses Bersama RW 08 yg sudah vacum beberapa waktu dan saat ini sudah berkegiatan lagi. Semangat buat BS Winongo 05, semoga mendapatkan hasilnya terbaik.