SOSIALISASI FORUM PEMBAURAN KEBANGSAAN (FPK) KELURAHAN PRINGGOKUSUMAN

Seiring dengan telah dilaksanakan pelantikan Pengurus FPK Kelurahan Pringgokusuman pada akhir tahun 2021 sesuai SK Lurah Pringgokusuman Nomor 22/KPTS/XI/2021 , maka ditindaklanjuti dengan pelaksanaan Sosialisasi FPK kepada masyarakat, tetapi dikarenakan pandemi untuk kegiatan Sosialisasi FPK baru bisa dilaksanakan pada hari Selasa 24 Mei 2022 bertempat di Aula Kantor Kelurahan.

Hadir dalam kegiatan ini adalah Lurah Pringgokusuman, Kepala Jawatan Praja Kemantren Gedongtengen, Ketua FPK Kota Yogyakarta, Ketua FPK Kwemantren Gedongtengen, Ketua FPK Kelurahan Pringgokusuman bersama jajarannya,Babinsa, Bhabinkamtibmas, Ketua LPMK, Ketua PKK, Ketua Kampung, Ketua RW, dan tokoh masyarakat yang ada di wilayah Pringgokusuman.

Materi sosialisasi disampaikan oleh Ketua FPK Kota Yogyakarta Bapak Wahyu Susanto, S.Sos., beliau menyampaikan bahwa FPK dibentuk berdasarkan Permendagri Nomor 34 Tahun 2006 tentang Pedoman Pembentukan Forum Pembauran Kebangsaan, yang menyebutkan bahwa FPK dibentuk di semua level pemerintahan hingga di tingkat desa/kelurahan. FPK ini dapat menjadi wadah informasi, komunikasi, konsultasi dan kerjasama antar warga masyarakat yang diarahkan untuk menumbuhkan, memantapkan, memelihara dan mengembangkan pembauran kebangsaan khususnya di Kelurahan Pringgokusuman.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk memperkuat pemahaman masyarakat akan keberagaman yang ada di masyarakat baik itu suku, etnis, agama maupun ras. Itu semua bukan menjadi pemecah hubungan antar warga tetapi bisa menjadi alat memperkuat rasa dan jiwa nasionalisme.