PENILAIAN PENGHARGAAN TELADAN DAN BERPRESTASI PEMBANGUNAN PERTANIAN TINGKAT DIY TAHUN 2022

Pada hari Senin 18 April 2022, Gapoktan dan LKMA Pringgokusuman mewakili  Kota Yogyakarta untuk mengikuti  kegiatan  Penilaian Penghargaan Teladan Dan Berprestasi Pembangunan Pertanian Tingkat DIY Tahun 2022, dalam kategori Gapoktan Berprestasi dan  KEP Berprestasi .

Slogan Gapoktan Pringgokusuman adalah “Dengan Ketahanan Pangan dan Pemberdayaan Masyarakat dapat saling Ngluwihi Bagehi dengan Konsep Pertanian Perkotaan”,  Gapoktan Pringgokusuman berdiri pada 20 Januari 2012, dengan jumlah anggota awal ada 5 Kelompok Tani (Poktan) yaitu Poktan Wijaya Kusuma, KWT Amarilis, Poktan Sekar Asri, KWT Cahaya dan Poktan Kemuning. Dengan berjalannya waktu telah bertambah 3 Poktan rintisan yaitu Poktan Puspa Indah, Cempaka dan Subur Ceria.

Dalam rangka pengembangan usaha dan kesejahteraan kelompok, Gapoktan membentuk LKMA (Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis), yang modal awalnya berasal dari Dana PUAP (Pengembangan Usaha Agribisnis Pedesaan) yang diperoleh pada tahun 2012. Dana ini dikembangkan untuk kegiatan simpan pinjam dan sampai dsaat ini sudah berkembang dari modal awal sebesar 100 juta, saat ini sudah mencapai lebih dari 200juta.

Dengan latar belakang inilah Gapoktan dan LKMA Pringgokusuman ditunjuk oleh DPP Kota Yogyakarta untuk mewakili mengikuti Penilaian Penghargaan Teladan Dan Berprestasi Pembangunan Pertanian Tingkat DIY Tahun 2022.

Pada penilaian kali ini kegiatan ceremonial pembukaan dilaksanakan di Aula Kantor Kelurahan Pringgokusuman, dilanjutkan dengan paparan dan wawancara oleh Gapoktan dan LKMA dilaksanakan di kantor Sekber Lembaga kemasyarakatan kelurahan dan untuk kunjungan lapangan dilaksanakan di Poktan Kemuning RW 06. Dalam kegiatan ini tidak hanya semata-mata untuk meraih kejuaraan , tetapi lebih dalam upaya untuk melihat proses dan meningkatkan kegiatan baik Gapoktan dan LKMA sehingga ke depannya akan lebih baik dan berkembang lagi.