PELATIHAN LORONG SAYUR TAHUN 2022

Pada hari Rabu-Kamis 16-17 Maret 2022, Kelurahan Pringgokusuman menyelenggarakan Pelatihan Lorong Sayur . Kegiatan ini merupakan usulan dari Musrenbang Tahun 2021 dan merupakan  lanjutan kegiatan serupa di tahun sebelumnya. Untuk tahun ini yang menjadi locus adalah RW 03 dan RW 08.

Kegiatan ini bertujuan untuk memanfaatkan lahan sempit di perkotaan khususnya di lorong/gang untuk menanam tanaman sayur. Selain untuk penghijauan juga untuk ketahanan pangan di wilayah khususnya di wilayah Kelurahan Pringgokusuman. Pelatihan diselenggarakan selama 2 hari dengan instruktur : Bu Winaryati, S.Si (KTD Gemah Rimah Bausasran) dan Ibu Sri Martini (Penyuluh Swadaya) . Karena masih dalam masa Pandemi Covid-19 dan PPKM Mikro, peserta pelatihan sejumlah 22 orang yang terdiri dari 11 orang dari RW 03 dan 11 orang dari RW 08, pelaksanaan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Pada pelatihan kali ini diberikan penjelasan teori dan praktek budidaya hortikultur di lahan pekarangan serta pembuatan pupuk organik cair (POC) dengan memanfaatkan limbah rumah tangga.

Kegiatan ini sejalan dengan program Pemerintah Kota Yogyakarta yaitu tentang ketahanan pangan melalui budidaya sayuran perkotaan dengan Kampung sayur dan lorong sayur. Dengan adanya pemanfaatan lahan ini, bisa menjadi cara dalam rangka mewujudkan kemandirian pangan, yang dapat dimulai dari bagian paling kecil yaitu dari masing-masing rumah tangga. Agar hal tersebut dapat terwujud, sangat diperlukan kesadaran untuk setiap keluarga mewujudkan kemandirian pangan yang diwujud nyatakan melalui budaya menanam di lahan pekarangannya masing-masing.

Setelah pelatihan ini yang dilaksanakan 2 hari, akan dilanjutkan pembuatan lorong sayur di 2 lokasi RW yang telah ditunjuk  dan akan didampingi oleh kelurahan dan tim instruktur sampai dengan memasuki masa panen sehingga kelompok tani yang ada diwilayah RW benar-benar bisa mewujudkan lorong sayur di wilayahnya. Kegiatan ini butuh semangat dan peran serta masyarakat selaku relawan di wilayah yang ingin mewujudkan lingkungan yang asri dengan memanfaatkan lahan sempit, lorong, gang, bahkan dinding rumah untuk budidaya tanaman sayur dan untuk ketahanan pangan di wilayah.

#Pringgokusuman_Bersahaja