PENYALURAN BANSOS BERAS BAGI PENERIMA BST DAN PKH DI KELURAHAN PRINGGOKUSUMAN

Dengan perpanjangan PPKM Level 4, sangat berpengaruh pada aktivitas perekonomian di masyarakat. Pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 ini juga sangat dirasakan dampaknya bagi warga kelurahan Pringgokusuman, yang sebagian besar mata pencaharian-nya adalah di sektor informal dan sektor jasa .

Pemerintah Pusat dan Daerah sangat mengerti dampak yang dirasakan oleh warga masyarakat, maka Presiden RI Ir. Joko Widodo menginstruksikan agar semua bantuan sosial yang ada dalam program perlindungan sosial bisa segera dicairkan. Pemberian bantuan ini diharapkan dapat mengurangi beban masyarakat yang terdampak akibat kebijakan PPKM level 4 ini.

Menindaklanjuti instruksi Presiden Jokowi tersebut, Kementerian Sosial merespon dengan mengoptimalkan seluruh jajaran Kementerian Sosial untuk mempercepat penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) dan Program Keluarga Harapan (PKH) yang ditambah dengan bantuan beras bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Kementrian Sosial bekerjasama dengan PT. POS dan BULOG pada hari Kamis 29 Juli 2021 bertempat di Kantor Kelurahan Pringgokusuman dilaksanakan penyaluran bansos beras tersebut diterima oleh masing-masing penerima sebanyak 10 Kg dengan jumlah keseluruhan penerima bantuan di Kelurahan Pringgokusuman sebanyak 896 KK dengan jumlah beras sebanyak 8,96 ton. Dengan rincian penerima adalah 367 KPM BST dan 529 KPM PKH.

Pihak Kelurahan sudah memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait penyaluran bantuan tersebut. Dan harapannya bansos beras BST dan PKH ini dapat dimanfaatkan dengan baik dan tetap sasaran. Dalam pelaksanaan kegiatan ini tetap memperhatian protokol kesehatan 5M.