Simulasi Bencana Gempa Bumi KTB Rintisan Gandekan Lor

Gladi Simulasi Bencana Gempa Bumi KTB Gandekan Lor dilaksanakan pada hari ini Minggu 11 April 2021 Pukul 14.00 - 16.00 WIB, bertempat di halaman Balai RW 10 Gandekan Lor Kelurahan Pringgokusuman Kemantren Gedong Tengen. Kegiatan ini dibuka oleh Bapak Wakil Walikota Yogyakarta, sebagai langkah antisipasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2021. Ikut menyaksikan dan memberikan pengarahan Gladi Simulasi Bencana dari Kepala Pelaksana BPBD Kota Yogyakarta, Mantri Pamong Praja Gedong Tengen, Lurah Pringgokusuman, Koramil Gedong Tengen dan Polsek Gedong Tengen. 

Kampung Gandekan Lor merupakan salah satu kampung dari 7 kampung yang ada di Kelurahan Pringgokusuman. Yang hanya terdiri dari 1 RW yaitu RW 10, berada di wilayah pemukiman yang padat penduduk sehingga rawan terhadap bencana, antara lain gempa bumi, angin kencang dan kebakaran. Potensi utama yang dimiliki oleh Kampung Gandekan Lor adalah kekompakan warga sehingga ini bisa menjadi modal sosial dalam menghadapi kebencanaan yang ada di wilayah.

Dengan dibentuk dan ditumbuhkan KTB Rintisan Ganderkan Lor, diharapkan warga akan lebih tanggap dalam menghadapi bencana dan munculnya relawan-relawan di wilayah. KTB Rintisan Gandekan Lor memiliki slogan "kompak - wani - mrantasi"