Pelatihan Lorong Sayur Tahun 2021

Pada hari Senin-Selasa 22-23 Februari 2021, Kelurahan Pringgokusuman menyelenggarakan Pelatihan Lorong Sayur . Kegiatan ini merupakan usulan dari Musrenbang Tahun 2021 dan merupakan  lanjutan kegiatan serupa di tahun sebelumnya.

Kegiatan ini bertujuan untuk memanfaatkan lahan sempit di perkotaan khususnya di lorong/gang untuk menanam tanaman sayur. Selain untuk penghijauan juga untuk ketahanan pangan di wilayah khususnya di wilayah Kelurahan Pringgokusuman. Pelatihan diselenggarakan selama 2 hari dengan instruktur : Bu Winaryati (KTD Gemah Rimah Bausasran), Ibu Ir. Atik Susilowati (Penyuluh Swadaya) dan Bapak Ngadiyono (PPL pendamping Kelurahan Pringgokusuman). Karena masih dalam masa Pandemi Covid-19 dan PPKM Mikro, peserta pelatihan sejumlah 44 orang dalam pelaksanaannya dibagi 2 sesi, dengan jumlah peserta 1 sesi ada 22 orang, serta tetap menerapkan protokol kesehatan.

Peserta pelatihan diharapkan dapat mengimplementasikan hasil pelatihan di lingkungannya masing-masing. Untuk sampel lorong sayur tahun 2021 yang akan didorong menjadi Kampung sayur, yaitu di wilayah RW 2 Jlagran dan RW 4 kampung Pringgokusuman, tepatnya menggunakan lahan bekas bantaran rel kereta api. Dengan harapan nantinya Kampung sayur ini adalah buah karya tangan para warganya yang akan terbentuk dalam sebuah kelompok tani. Sehingga nantinya saat melintas, di sudut kanan dan kiri gang nampak hijau segar. Berbagai sayuran seperti cabai, seledri, tomat, kobis, terong, sawi, kacang panjang, dan sayur-mayur lain tumbuh subur di dalam media tanam berupa polybag atau pot plastik yang disusun bertingkat.

Kegiatan ini mejalan dengan program Pemerintah Kota Yogyakarta yaitu tentang ketahanan pangan melalui budidaya sayuran perkotaan dengan Kampung sayur dan lorong sayur. Dengan adanya pemanfaatan lahan ini, bisa menjadi cara dalam rangka mewujudkan kemandirian pangan, yang dapat dimulai dari bagian paling kecil yaitu dari masing-masing rumah tangga. Agar hal tersebut dapat terwujud, sangat diperlukan kesadaran untuk setiap keluarga mewujudkan kemandirian pangan yang diwujud nyatakan melalui budaya menanam di lahan pekarangannya masing-masing.

#Pringgokusuman_Bersahaja