Musrenbang Kelurahan Pringgokusuman Tahun 2021

Musrenbang Kelurahan Pringgokusuman Tahun 2021 untuk Rencana Kerja Pembangunan Kelurahan Tahun 2022, dilaksanakanhari Selasa 26 Januari 2021, di 4 titik lokasi yaitu di Aula Bawah dan Aula Atas kantor Kelurahan Pringgokusuman, Aula Kantor Sekber Lembaga Kemasyarakatan dan Pendopo Kemantren Gedongtengen. Pelaksanaan Musrenbang kali ini dilaksanakan semi daring karena menginat masih dalam masa pandemi Covid-19 dan pelaksanaan PTKM (Pengetatan Terbatas Kegiatan Masyarakat)  di wilayah Kota Yogyakarta

Musrenbang dihadiri oleh Mantri Pamong Praja Gedongtengen Drs. Ananto Wibowo, MIP, sekaligus membuka jalannya Musrenbang Kelurahan Pringgokusuman Tahun 2021, Lurah Pringgokusuman Eni Purwati, SSTP, M.Si, Ketua LPMK Hibur Pintono dan jajaran Pengurus LPMK, Ketua TP PKK Kelurahan Ibu Sri Riyayati dan seluruh jajaran Pengurus TP PKK Kelurahan, Ketua Kampung, Ketua RW, Ketua Lembaga Kemasyarakatan, Ketua BKM Pringgo Mukti, Tokoh Masyarakat dan perwakilan masyarakat Kelurahan Pringgokusuman. Dihadiri juga secara virtual / daring oleh Bapak Wakil Walikota Yogyakarta Bapak Drs. Heroe Poerwadi, MA, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta atau yang mewakili.

Bapak Wakil Walikota Yogyakarta, Drs. Heroe Poerwadi, MA dalam sambutannya menyampaikan bahwa Perencanaan yang didasarkan sebagai solusi penyelesaian masalah-masalah strategis, merupakan langkah pemerintah  untuk melaksanakan pembangunan secara tepat serta berdaya guna. Perencanaan yang dibuat, nantinya akan menjadi pedoman sehingga pihak-pihak yang akan terlibat dapat mengintegrasikan diri ke dalamnya, misalnya seperti institusi pendidikan dengan program pengabdian masyarakat melalui KKN atau korporasi melalui kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR). RPJMD Kota Yogyakarta periode sekarang, mengusung tema pengembangan infrastruktur untuk peningkatan kesejahteraan berbasis pada pariwisata,salah satunya pemerintah kota mengalokasikan dana sebesar Rp 200 juta per kelurahan merupakan usulan strategis per kelurahan, diharapkan keselurahan anggaran yang diusulkan tersebut harus bisa temoto (tertata sesuai rencana), temonjo (membuahkan hasil) dan kroso (dapat dirasakan manfaatnya).

Dalam paparan Musrenbang yang disampaikan oleh Ketua LPMK Kelurahan Pringgokusuman Bapak Hibur Pintono, disampaikan bahwa Konsep Pembangunan yang menjadi rencana strategis Kelurahan Pringgokusuman Tahun 2022 adalah mewujudkan pembangunan wisata alternatif di bantaran sungai untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, pengembangan potensi wilayah dan penurunan angka kemiskinan.

Musrenbang diakhiri dengan penandatanganan Berita Acara Musrenbang Tahun 2021 yang akan menjadi dasar dalam Rencana Kerja Pembangunan Kelurahan Tahun 2022.

 

#Pringgokusuman_Bersahaja