Musyawarah Kampung KB RW 01 Jlagran

Pada hari Selasa 20 Oktober 2020, Kampung KB RW 01 Jlagran mengadakan Musyawarah Kampung KB dengan fasilitasi dari DPPKB Kota Yogyakarta.

Hadir pada acara tersebut adalah Lurah Pringgokusuman, PKB Kecamatan Gedongtengen, Ketua RW 01, Ketua Kampung KB beserta pengurus dan Kader KB di RW 01 Jlagran. Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan Program Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana (BANGGA KENCANA).

Dalam sambutannya serta sekaligus sebagai narasumber, Eni Purwati selaku Lurah Pringgokusuman menyampaikan materi  "Membangun Kegiatan di Kampung KB Jlagran", yaitu  (1) Pembangunan masyarakat dimulai dari kampung atau RW dimana kampung KB dgn harapan pelaksanaan program kependudukan, KB dan pembangunan keluarga serta program lainnya dapat berjalan secara terpadu dan bersamaan, (2) KKB sebagai wahana pembelajaran, yaitu melalui kampung KB, masyarakat dapat membelajarkan diri melalui berbagai pendekatan. Proses pembelajaran masyarakat, dimana mereka bisa menyerap informasi, mengolah dan kemudian bisa merencanakan pembangunan di wilayah dengan data yang dimiliki. Kampung KB bukan hanya berbicara  ttg KB dan alat kontrasepsi saja, tetapi juga upaya merubah sikap, perilaku dan cara berpikir masyarakat ke arah yang lebih baik. (3) Komitmen, dalam kampung KB diperlukan sebuah komitmen yang diaplikasikan secara nyata untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Karena dengan pemberdayaan di Kampung KB, masyarakat akan mendapatkan bonus demografi yaitu pertambahan penduduk yg terkendali dan SDM yang berkualitas. (4) Kegiatan di KKB Jlagran : Rumah Data sebagai pusat informasi data yang ada di wilayah RW, yg nantinya mudah diakses oleh semua stakeholder, sehingga pada saat perencanaan pembangunan dalam Musrenbang akan lebih mudah; PIK-R merupakan wadah remaja untuk ikut berkreasi dan berpartisipasi dalam program KB dalam hal ini mewujudkan GenRe (generasi berencana); UPPKS Tulip sebagai upaya peningkatan kesejahteraan keluarga dgn sdh tergabung dalam program gandeng gendong Pemkot Yogyakarta.

 

 

#GenRe

#KKB RW01 Jlagran

#Pringgokusuman Bersahaja