Program

Kelurahan Pringgokusuman berupaya antisipasi penyebaran COVID-19, dengan  menyediakan fasilitas cuci tangan pakai sabun (CTPS) berupa Gentong di beberapa titik di Kelurahan Pringgokusuman. Sedangkan untuk sabun disediakan secara swadaya oleh masyakarat.

Gentong yang dibagikan ke wilayah (22 RW) ada 15 unit per RW, sehingga total ada 330 unit gentong tersebar di wilayah Kelurahan Pringgokusuman. Walaupun saat ini di setiap wilayah RT telah banyak dipasang tempat cuci tangan secara swadaya. Cuci tangan menjadi kunci utama  pencegahan penularan Covid-19.

Lurah Pringgokusuman menyampaikan tempat cuci tersebut ditempatkan di area publik yang dapat diakses dengan mudah oleh warga. Penempatannya diserahkan kepada Ketua RT atau RW. Lebih lanjut, keberadaan gentong sebagai fasilitas untuk CTPS ini bertujuan sebagai persiapan New Normal dengan penerapan Adaptasi kebiasaan Baru (AKB),  merupakan perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal, namun tetap menerapkan protokol kesehatan. Protokol kesehatan yang dimaksud diantaranya CTPS, pakai masker ketika keluar rumah dan menjaga jarak.

Untuk pengadaan Gentong sebagai sarana cuci tangan di lingkungan publik menggunakan Dana Kelurahan yang berasal dari DAU Tambahan yang pada saat  rasionalisasi anggaran untuk dialihkan pada penanganan covid-19. Sedangkan untuk teknis di lapangan, diharapkan kerjasamanya semua pihak, khususnya bagi warga yang berdekatan dengan penempatan Gentong agar bisa mengisi air dan menjaga kebersihannya. Karena untuk penerapan AKB menuju New Normal merupakan tanggungjawab bersama, agar warga di Kel. Pringgokusuman tidak ada yang positif corona, lingkungannya aman dan lebih sejahtera.